EN | ID | CH
EN
ID CH
+622139516666 Online Payment Login/Register
Tue, 23 July 2019

Pilih Shared Office atau Virtual Office?


Banyak para pebisnis pemula bingung memilih antara shared office atau virtual office. Disadari atau tidak, sektor bisnis memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Didukung dengan adanya teknologi internet yang semakin cepat dan canggih, mobilitas dan aktivitas pun akan jauh lebih mudah. Seiring dengan semakin majunya teknologi tersebut, ini bisa menjadi lahan baru untuk mengembangkan bisnis Anda. Apakah Anda sudah siap untuk menempati ruang kantor Anda sendiri?

Kantor menjadi hal yang tak terpisahkan untuk para pebisnis. Meski pekerjaan bisa dilakukan di mana pun, orang-orang tetap membutuhkan kantor. Kantor ini berfungsi untuk alamat bisnis. Kantor juga menjadi tempat tujuan para klien untuk menemui Anda. Salah satu syarat utama jika Anda ingin mendirikan sebuah perusahaan adalah harus memiliki alamat kantor yang jelas. Jadi, meski tak harus selalu datang ke kantor, Anda tetap membutuhkan kantor.

Seiring dengan semakin majunya teknologi, ada berbagai jenis kantor yang tersedia untuk Anda. Secara garis besar, pembagian jenis-jenis kantor dikelompokkan menjadi 2, yaitu kantor fisik (shared office, coworking space, space for rent) dan kantor non fisik (virtual office). Kira-kira, jenis kantor seperti apa yang Anda butuhkan saat ini?

Untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak penjelasan lengkap ini. Bagaimanapun, Anda harus mengetahui perbedaan antara keduanya. Setelah itu, Anda baru bisa memilih kira-kira seperti apa jenis kantor yang saat ini sedang Anda butuhkan.

Memahami Kantor Fisik dan Jenis-Jenisnya

Kantor fisik yang dimaksud di sini sama seperti yang sudah kita pahami bersama. Ada ruangan yang disewakan beserta fasilitasnya. Kantor seperti ini biasanya dikelola oleh pemilik gedung. Biaya sewanya pun bergantung pada luas ruangan yang Anda sewa. Semakin strategis lokasinya, biasanya semakin mahal pula biaya sewanya.

Nah, di era yang sudah semakin modern ini, kantor fisik terbagi-bagi menjadi berbagai jenis, ada shared office dan coworking space. Keduanya memiliki perbedaan dalam teknis penyewaan dan fasilitasnya. Seperti apa perbedaannya?

Kita bahas dulu sedikit tentang share office. Seperti namanya, dalam sebuah gedung perkantoran, tak hanya perusahaan Anda yang menempati seluruh gedung tersebut. Anda juga harus berbagi dengan perusahaan yang lain. Meski begitu, Anda dan karyawan tetap mendapatkan tempat pribadi untuk menjalankan perusahaan sendiri.

Shared office banyak dipilih startup karena biaya sewa yang fleksibel. Selain itu, jangka waktu penyewaan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak seperti sewa kantor pada umumnya yang harus disewa secara tahunan.

Sementara itu, coworking space merupakan ruang kerja bersama. Jenis kantor yang satu ini menggagas konsep terbuka dan transparan. Coworking space bisa digunakan oleh siapa saja tak peduli jabatan mereka. Kantor yang satu ini sangat disukai oleh para Freelancer.

Memahami Lebih Lanjut tentang Virtual Office

Setelah memahami beberapa hal tentang shared office, selanjutnya kita juga perlu mengenal virtual office. Jika dilihat dari namanya, jenis kantor ini adalah kantor virtual. Artinya, Anda tak benar-benar memiliki gedung perkantoran tersebut. Anda hanya menyewa alamatnya secara resmi sebagai alamat bisnis. Seperti yang kita ketahui bersama, kita butuh alamat untuk mengurus pendirian bisnis.

Virtual office ditujukan untuk para startup yang belum begitu membutuhkan kantor. Biasanya, pekerjaan mereka dilakukan secara remote dari berbagai tempat. Mereka membutuhkan kantor hanya sebagai alamat resmi atau untuk meeting koordinasi saja. Jadi, tidak perlu setiap hari berada di kantor. Jika perusahaan Anda termasuk yang seperti ini, virtual office sepertinya lebih cocok untuk perusahaan Anda.

Di Vantage Office, jika Anda ingin menggunakan virtual office, Anda tak hanya mendapatkan alamat resmi untuk kantor Anda. Anda juga mendapatkan fasilitas lain seperti pengelolaan surat masuk, telepon, dan juga fasilitas meeting room. Fasilitas yang lengkap ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun bisnis Anda.

Demikian adalah perbedaan antara shared office dan virtual office. Kira-kira, jenis kantor seperti apa yang sedang Anda butuhkan saat ini? Pastikan Anda memilih jenis kantor yang tepat untuk perusahaan Anda ya. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan pengembangan perusahaan.

Baca Artikel Lainnya:

4 Keuntungan Memilih Shared Office Space


office-space-for-rent
Tue, 23 July 2019
Office Space For Rent atau Virtual Office?

Office space for rent banyak sekali dicari oleh para pengusaha baru. Pada umumnya, sebuah perusahaan memang membutuhkan kantor.

sewa-kantor-jakarta
Tue, 23 July 2019
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Sewa Kantor Jakarta

Informasi tentang sewa kantor Jakarta yang satu ini wajib Anda perhatikan! Sebagai pusat segala aktivitas ekonomi, wajar sekali jika para startup berlomba-lomba untuk membuka usaha di Jakarta.

virtual-office-jakarta-murah
Tue, 23 July 2019
Virtual Office Jakarta Murah dan Abal-Abal, Ketahui Dampaknya.

Bagi pebisnis yang sedang merintis bisnis, keberadaan sebuah kantor tentu sangat penting karena selain bisa menunjang operasional juga bisa meningkatkan citra perusahaan.